Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia 6-9 Tahun Di SDN 03 Pedamaran Ogan Komering Ilir

Authors

  • Serli Wulan Safitri Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kebidanan dan Keperawatan, Universitas Kader Bangsa
  • Fitri Afdal Prodi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Kebidanan dan Keperawatan, Universitas Kader Bangsa
  • Ranida Arsi Prodi Diploma III Keperawatan, Fakultas Kebidanan dan Keperawatan, Universitas Kader Bangsa
  • Egis Lara Wulandari Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kebidanan dan Keperawatan, Universitas Kader Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.52120/jpm.v1i2.124

Keywords:

Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, Anak

Abstract

Gadget merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan komunikasi manusia, seperti smartphone, iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet). Tujuan kegiatan pengabdian untuk mengetahui analisis gadget terhadap kemampuan interaksi sosial anak pada usia 6-9 tahun di SDN 03 Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode Pengabdian masyarakat menggunakan kuisioner dan pengamatan secara langsung terhadap anak usia 6-9 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel 42 anak umur 6-9 tahun. Hasil pengabdian menunjukan Distribusi frekuensi penggunaan gadget sebanyak 27 responden atau 64,3% dikategorikan berat terhadap penggunaan gadget. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan responden yang kategori ringan sebanyak 15 responden atau 35,7% dari jumlah responden 42 orang. Distribusi frekuensi Interaksi sosial bahwa sebanyak 23 responden atau 53,8% dimana interaksi sosial baik. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan responden yang interaksi sosial yang kurang sebanyak 19 responden atau 45,2% dari jumlah responden 42 orang. Dari hasil uji statistik menggunakan uji chi square diperoleh nilai p-value 0,034 lebih kecil dan 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan H0 ditolak artinya ada hubungan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial, besar analisis atau hubungan diperoleh nilai OR: 1,964 (1,167-3,305) artinya pasien dengan penggunaan gadget berat memiliki kemungkinan interaksi sosial yang kurang 1,964  kali lebih besar dibandingkan dengan interaksi sosial yang baik.

References

Ayauby. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung) Ajaran 2017.skripsi. Universitas Lampung. https://www.academia.edu/37009951/

Akbari, S. (2019). Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa. Ar-Raniry.Ac.Id, 1–82.

Amir, 2010. (n.d.). Insomnia?; Aspek Neurobiologi, Diagnosis dan Tatalaksana.

Ferliana, J. M. (2016). Anak dan Gadget Yang Penting Aturan Main. In Nakita.Grid.Id. http://nakita.grid.id/balita/anak-dangadgetyang-penting-aturan-main?page=2.%0A%0A

King, A. L. S., Valença, A. M., Silva, A. C., Sancassiani, F., Machado, S., & Nardi, A. E. (2014). “Nomophobia”: Impact of Cell Phone Use Interfering with Symptoms and Emotions of Individuals with Panic Disorder Compared with a Control Group. Clinical Practice & Epidemiology in Mental Health, 10(1), 28–35. https://doi.org/10.2174/1745017901410010028

Menzin, J., Lang, K. M., Levy, P., & Levy, E. (2001). A general model of the effects of sleep medications on the risk and cost of motor vehicle accidents and its application to france. PharmacoEconomics, 19(1), 69–78. https://doi.org/10.2165/00019053-200119010-00005

Moul, D. E., Nofzinger, E. A., Pilkonis, P. A., Houck, P. R., Miewald, J. M., & Buysse, D. J. (2002). Symptom reports in severe chronic insomnia. Sleep, 25(5), 553–563. https://doi.org/10.1093/sleep/25.5.548

Novitasari W & Khotimah. 2016. Dampak penggunaan gadget terhadapinteraksi sosial Anak usia 5-6 tahun. J PAUD Teratai. Jurnal MKB. 5(3).182-6

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rohana, F., & Hartini, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Di Sdn 02 Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 137. https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.594

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekat Bandung: CV Alfabeta

Sunaryo. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen dan Minat Pembelian Produk Handbag Merek Tiruan. 12.

Tania, Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Penggunaan Gadget Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 126–131. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p126

Yusuf, & Sugandhi. (2013). Phinisi Integration Review Keefektifan. Phinisi Integration Review, 5(3), 818–823.

Downloads

Published

31-01-2024

How to Cite

Safitri, S. W., Afdal, F., Arsi, R., & Wulandari, E. L. (2024). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia 6-9 Tahun Di SDN 03 Pedamaran Ogan Komering Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Anak Bangsa, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.52120/jpm.v1i2.124