ANALISIS PENERAPAN PEMANTAUAN KINERJA PADA KARYAWAN OLEH UNIT BAGIAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) UNTUK MEMINIMALISIR PENYAKIT AKIBAT KERJA (PAK) DAN KECELAKAAN KERJA DI PT DOK DAN PERKAPALAN AIR KANTUNG TAHUN 2019

  • Gita Fajrianti
Keywords: Kinerja,Karyawan,Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Abstract

         Penerapan pemantauan kinerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok-kelompok yang diarahkan pada tercapainya tujuan yang telah digariskan dalam keputusan dan menitikberatkan pada bagian informasi dan data yang berhubungan dengan bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) berdasarkan data yang didapat dari PT.DOK dan Perkapalan Air Kantung ada beberapa kasus kecelakaan dan penyakit akibat kerja tahun 2016-2018 yaitu 19 kasus dan dapat diketahui bahwa kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat disebabkan faktor kesalahan manusia.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meminimalisirkan penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja karyawan di lingkungan PT. Dok dan Perkapalan Air Kantung Pangkalpinang Tahun 2019.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan metode Deskripsi eksploratif. Informan utama penelitian ini adalah Staff K3 sebanyak 4 (empat) orang dan sebagian triangulasi adalah 1 (satu) Manajer SDM & K3LH (Keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan hidup), 1 (satu) bagian Ahli K3 dan 1 (satu) Bagian P3K PT.DAK yang bertanggung jawab terhadap pengawasan internal. Pengumpulan data digunakan dengan cara mengumpulkan data hasil interview, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, dokumen resmi ataupun data-data yang dapat dijadikan petunjuk lainnya digunakan dalam mencari data dengan interpretasi yang tepat.

            Hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Pemantauan Kinerja pada karyawan oleh unit bagian K3 untuk meminimalisir penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja di PT. Dok dan perkapalan air kantung telah di terapkan dengan baik sesuai dengan Prosedur dari perusahaan agar tidak terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

            Disarankan kepada PT. Dok dan perkapalan air kantung meningkatkan pengetahuan khususnya bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan cara memberikan training/pelatihan dan memberikan sosialisasi yang lebih maksimal lagi kepada karyawan dan meningkatkan budaya K3 yang lebih optimal.

Published
2020-03-05
How to Cite
Fajrianti, G. (2020). ANALISIS PENERAPAN PEMANTAUAN KINERJA PADA KARYAWAN OLEH UNIT BAGIAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) UNTUK MEMINIMALISIR PENYAKIT AKIBAT KERJA (PAK) DAN KECELAKAAN KERJA DI PT DOK DAN PERKAPALAN AIR KANTUNG TAHUN 2019. JURNAL SMART ANKES, 1(1), 17-24. Retrieved from http://jurnalabdinusababel.ac.id/index.php/jurnal/article/view/20