Analisis Persepsi Terhadap Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Bandar Udara Depati Amir Kabupaten Bangka Tengah

  • Dedek Sutinbuk
Keywords: Kata Kunci : KTR, Bandar Udara Depati Amir

Abstract

KTR (Kawasan Tanpa Rokok) adalah ruang atau area yang dinyatakan dilarang untuk melakukan kegiatan produksi, iklan, promosi dan atau penggunaan rokok. Secara umum, penetapan KTR bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat rokok. Tempat umum salah satunya Bandar Udara Depati Amir merupakan salah satu kawasan yang wajib memiliki kawasan tanpa asap rokok (KTR). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana penerapan kawasan tanpa rokok (KTR) di lingkungan Bandar Udara Depati Amir Kabupaten Bangka Tengah Kepulauan Belitung Tahun 2019.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama penelitian ini adalah pengunjung bandar udara sebanyak 9 (sembilan) orang dan sebagai triangulasi adalah Kabid kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Humas Bandar Udara Depati Amir dan Petugas kebersihan. Penentuan informan dengan menggunakan teknik snowball sampling . pengumpulan data digunakan dengan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan kawasan tanpa rokok di Bandar Udara Depati Amir Kabupaten Banggka Tengah Kepulauan Bangka Belitung telah diterapkan. Namun penerapan kawasan tanpa rokok belum efektif karena masih disediakannya kawasan untuk merokok.

Disarankan kepada Bandar Udara Depati Amir Kabupaten Banggka Tengah Kepulauan Bangka Belitung lebih tegas dalam penerapan kawasan tanpa rokok untuk meningkatkan derajat kesehatan serta untuk menciptakan lingkungan yang sehat, pengunjung lebih mendukung penerapan kawasan tanpa rokok, serta petugas pelayanan kesehatan atau pihak pemerintah yang berwajib Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah lebih meningkatkan sosialisasi.

 

 

Published
2020-04-22
How to Cite
Sutinbuk, D. (2020). Analisis Persepsi Terhadap Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Bandar Udara Depati Amir Kabupaten Bangka Tengah. JURNAL SMART ANKES, 1(1), 38-45. Retrieved from http://jurnalabdinusababel.ac.id/index.php/jurnal/article/view/23