Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Ruang Rawat Inap Kelas III RumahSakit Bhaktiwara Pangkalpinang.

Authors

  • Misyati S Asmaruddin

DOI:

https://doi.org/10.52120/jsa.v1i1.15

Keywords:

Kepuasan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Kepuasan merupakan penilaian pelanggan terhadap produk dan pelayanan, yang merupakan cerminan tingkat kenikmatan yang didapat berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dan harapan, termasuk didalamnya tingkat pemenuhan yang kurang, atau tingkat pemenuhan yang melebihi kebutuhan dan harapan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan di Ruang  Rawat Inap Kelas III RumahSakit Bhaktiwara Pangkalpinang.

Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan menggunakan diagram kartesius. Populasi dalam  penelitian semua pasien yang di rawat di Ruang Kelas III Rumah Sakit Bhaktiwara Pangkalpinang dengan sampel 91 orang.

Hasil penelitian menunjukan Tingkat harapan pasien  pada pelayanan kesehatan berdasarkan reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles terhadap kualitas pelayanan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Bhaktiwara, responden memberikan penilaian rata – rata cukup puas (3,23). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang  diterima berdasarkan reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles terhadap kualitas pelayanan pasiendi Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Bhaktiwara, responden memberikan penilaian rata – rata puas

Disarankan agar  Rumah Sakit Bhaktiwara dalam memberikan pelayanan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-25

How to Cite

S Asmaruddin, M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Ruang Rawat Inap Kelas III RumahSakit Bhaktiwara Pangkalpinang. JURNAL SMART ANKes, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.52120/jsa.v1i1.15